THE EFFECT OF PREGNANT WOMEN CLASSES ON THE IMPROVEMENT OF KNOWLEDGE OF PREGNANT WOMEN IN SEGERAN KIDUL VILLAGE
DOI:
https://doi.org/10.36973/jkih.v9i1.300Kata Kunci:
Kelas Ibu Hamil, Peningkatan PengetahuanAbstrak
Dewasa ini pendidikan kesehatan ibu dan anak pada umumnya masih banyak dilakukan melalui penyuluhan, konsultasi perorangan atau kasus per kasus yang diberikan pada waktu ibu memeriksakan kandungan atau pada waktu kegiatan posyandu. Untuk mengatasi bermacam kelemahan tersebut, maka dikembangkan metode pembelajaran kelas ibu hamil. Kegiatan ini dirancang dalam bentuk tatap muka dengan membahas materi yang ada di dalam Buku KIA disertai diskusi dan tukar pengalaman antar ibu hamil/suami/keluarga dan petugas kesehatan. Kegiatan kelompok belajar ini diberi nama kelas ibu hamil sebagai bentuk upaya preventif dan promotif berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No. 97 tahun 2014. Ibu yang telah mengikuti Kelas Ibu Hamil diharapkan akan terjadi perubahan prilaku atau terjadi peningkatan pengetahuan sehingga sadar pentingnya datang ke pelayanan kesehatan.
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui pengaruh kelas ibu hamil terhadap peningkatan pengetahuan ibu hamil di desa segeran kidul.
Metode Penelitian : Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitan analitik, dengan desian menggunakan Pre-experiment, dengan pendekatan one group Pre –Post Design. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan total sampling sebanyak 32 orang. Pengumpulan data berupa kuesioner yang di isi oleh ibu hamil sebelum dan setelah pelaksanaan kelas ibu hamil. Teknik analisis data univariat dan bivariate dengan uji paried t-test.
Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukan rata-rata skor pengetahuan pre-test 16,88, dan pengetahuan post-test meningkat dengan rata-rata 21,59 yang artinya ada peningkatan sebesar 4,719. Hasil penghitungan statistik diperoleh nilai t hitung sebesar -8,354 dan p value sebesar 0,000 sehingga p value < 0,05 berarti bahwa terdapat pengaruh kelas ibu hamil terhadap peningkatan pengetahuan.
Unduhan
Referensi
Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009. Jakarta;2009
Fuada,N., & Setyawati, B. (2015). Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil Di Indonesia. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 6(2),67-75,https://doi.org/10.22435/kespro.v6i2.4745.67-75
Kementrian Kesehatan RI (Kemenkes RI). Pengangan Fasilitor Kelas Ibu Balita.
Depkes RI. 2012. Profil Kesehatan Indonesia 2011. Jakarta.
Edi sukiarko, SKM. Pengaruh Pelatihan Dengan metode Belajar Berdasarkan Masalah Terhadap pengetahuan dan ketrampilan Kader gizi dalam kegiatan Posyandu. Undip.2007 .
Rini Puspita S, Syamsulhuda, Kusyogo. Gambaran Pelaksanaan Kegiatan Kelas Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Mranggen Kabupaten Demak Description Of Implementation Of Pregnancy Class In Worked Area Of Public Health Centre Mranggen District Demak Regency. JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT (e-Journal), Volume 2, Nomor 3, Maret 2014 . Online di http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jkm.
Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Laporan Survei Indikator Kesehatan Nasional (Sirkesnas) 2016. Pedoman Pelaksanaan Kelas ibu Hamil. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. Tahun 2009.
Depkes RI. Pedoman Pelaksaanan Kelas Ibu Hamil. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat; 2009
Budiman dan ryanto. 2013. Kapita Selakta Kuesioner : Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Pnerbit Salemba Medika, Jakarta.
Septalia D. Pendidikan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika; 2010.
Notoatmodjo S. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta;2003.
Winkel. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia;2007.
Azeem. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil TerhadapKeikutsertaan Kelas Ibu Di Puskesmas Metro Kecamatan Metro.2011;4(2):224 –232.
Nora Isa. Pengaruh Program Kelas Ibu Hamil Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Trimester III Tentang Teknik Meneran. 2013;Jurnal Kesehatan. Vol IV,Nomor 2:351-356.
Ariyani N, Suindri N, Budiani N. Pengaruh Pelaksanaan Kelas AntenatalTerhadap Perilaku Ibu Hamil. J Skala Husada. 2012;9(1):10–5.



