EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM GIZI YANG BERKAITAN DENGAN KEJADIAN STUNTING (TUBUH PENDEK) DI KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2017

EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM GIZI YANG BERKAITAN DENGAN KEJADIAN STUNTING (TUBUH PENDEK) DI KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2017

  • Depi Yulyanti STIKes Indramayu
  • Riezka Diana Putri STIKes Indramayu
  • Muhamad Fauzi STIKes Indramayu
Keywords: Nutrition, Stunting, Indramayu

Abstract

Stunting (tubuh pendek) adalah balita dengan status gizi yang berdasarkan panjang atau tinggi badan menurut umurnya bila dibandingkan dengan standar baku WHO MGRS tahun 2005. Berdasarkan laporan tahunan Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu pada tahun 2016 terdapat 11.173 jiwa kasus stunting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi proses pelaksanaan program gizi yang terkait dengan kejadian stunting (Tubuh Pendek)di Kabupaten Indramayu. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan melihat aspek Process yang meliputiPlanning, Organizing, Actuating dan Controlling (POAC). Hasil penelitian menunjukan bahwa pembuatan perencanaan didasarkan cakupan, pemantauan dan evaluasi lalu dibuatkan RKA dan DPA. Pengkordinasian dengan lintas sektor dan lintas program. Pelaksanaan penanganan stunting berupa kegiatan Bulan penimbangan balita, pemberian Vit.A, Fe, PMT, MP-ASI. Pengawasan diadakan pada saat rapat, dilakukan setiap triwulan, dan setahun sekali. Simpulan dalam penelitian ini dilihat dari pelaksanaan yang berupa aspek (POAC) masih kurang maksimal dan belum spesifik. Oleh sebab itu disarankan agar dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan program untuk mendapatkan hasil yang sesuai target dengan pemenuhan SDM, sarana dan membuat perencanaan yang lebih spresifikasi untuk stunting.

Abstract

Stunting (short body) is a toddler with nutritional status in accordance with standard WHO MGRS standard in 2005. Based on annual report of District Health Office Indramayu in 2016 there are 11,173 soul stunting case. This study aims to determine and evaluate the implementation of nutrition programs associated with short bodies in Indramayu District. The method used is a qualitative method by looking at aspects of the process consisting of Planning, Organizing, Actuation and Control (POAC). The results showed that the making of arrangement, space and evolution was then made RKA and DPA. Coordinate with cross-sector and cross-program. Implementation of stunting handling in the form of activity of balancing month of toddler, giving Vit.A, Fe, PMT, MP-ASI. Supervision is done at the meeting, done every quarter, and cycling once. Conclusions in the study as the impact of POAC is still less than the maximum and not specific. It can therefore be used to improve the quality of program implementation to get results that are in line with the fulfillment of human resources, and make better planning for stunting.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Depi Yulyanti, STIKes Indramayu
STIKes Indramayu dan Dosen Prodi Kesehatan Masyarakat
Riezka Diana Putri, STIKes Indramayu
STIKes Indramayu dan Mahasiswa
Muhamad Fauzi, STIKes Indramayu
STIKes Indramayu dan Dosen

References

Infodatin pusat data dan informasi kementriankesehatan RI. 2016. Situasi Balita Pendek. Dari Depkes.go.id (diakses hari Selasa, 28 Maret 2017, jam 08.30 Wib)

Kebijakan Strategis dan Rencana Aksi Pangan dan Gizi (KSRAN-PG 2016-2019). Dari bkb.pertanian.go.id (diakses hari Selasa,12 September 2017, jam 20.55 Wib)

Gizi kurang penyebab stunting. Dari dinkes.sumselprov.go.id (diaskes hari Selasa, 28 Maret 2017, jam 08.39 Wib)

Provinsi Jawa Barat Dalam Angka 2016. Dari pusdalisbang.jabarprov.go.id (diakseshari Selasa, 28 Maret 2017, jam 09.18Wib)

Laporan Bulan Penimbangan Balita 2015-2016Program Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu Sugiyono,2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Cetakan ke 20.Bandung:ALFABETA, CV.

Saryono, 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta:Nuha Medika

Sugiyono.,2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung:ALFABETA CV

Sugiyono,2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.Bandung:ALFABETA, CV.

Published
2018-07-09
How to Cite
Yulyanti, D., Putri, R., & Fauzi, M. (2018). EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM GIZI YANG BERKAITAN DENGAN KEJADIAN STUNTING (TUBUH PENDEK) DI KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2017. JURNAL KESEHATAN INDRA HUSADA, 6(1), 31. https://doi.org/10.36973/jkih.v6i1.66
Section
Articles