The Relationship Between Parenting Patterns And Student Achievement In Grades II And III At SD Yami District Astanaanyar City Of Bandung

Penulis

  • Yeri Dwi Astuti Institut Kesehatan Immanuel Bandung
  • Monika Ginting
  • Berlyna Saragi

DOI:

https://doi.org/10.36973/jkih.v11i2.515

Kata Kunci:

Kata Kunci : pola asuh; prestasi belajar; siswa; sekolah dasar

Abstrak

Pola asuh termasuk cara orang tua mendidik anak melalui aturan, arahan dan bimbingan tertentu supaya sukses serta semakin baik pada kehidupan. Hal tersebut berdampak pada prestasi belajar disekolah, khususnya untuk anak usia sekolah dasar. Penelitian tersebut supaya mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas II Dan III di SD Yami Kecamatan Astanaanyar Kota Bandung. Penelitian tersebut memakai metode penelitian kuantitatif, dan desain penelitan yang dipakai termasuk Deskriptif korelasional melalui pendekatan cross sectional. Populasi total 103 responden. Sampel sebanyak 51 responden. Pengambilan sampel memakai simple random sampling. Teknik pengumpulan data diterima lewat pengisian kuesioner PSDQ (Parenting Styles & Dimensions Questionnaire-Short Version) pada pola asuh orang tua serta pengamatan pada prestasi belajar. Analisa data memakai Chi-square. Hasil penelitian tersebut diperoleh mayoritas responden memperoleh pola asuh orang tua demokratis prestasi belajar anaknya sangat baik yaitu sebanyak 43 responden (97,7%) dan pola asuh orang tua demokratis prestasi belajar anaknya baik 2 responden (28,6%). Untuk penelitian tersebut diperoleh nilai p value 0,00 < 0,05. Diperoleh hubungan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas II Dan III di SD Yami Kecamatan Astanaanyar Kota Bandung. Saran penelitian ini ditujukan kepada SD Yami diharapkan dapat membuat pertemuan-pertemuan bersama orang tua siswa untuk menginformasikan perkembangan siswa di sekolah.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anas, M. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas VIII MTsN 2 Maros. Binomial, 2(1), 12-32. http://ejournals.umma.ac.id/index.php/ binomial/article/view/183/180 (Diakses pada tanggal 2 April 2023, Pukul 16.00 WIB)

Apriani, D. G. Y. (2022). Hubungan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV dan V di SD N 3 Candikuning. Jurnal Medika Usada, 5(2), 12-17. https://ejournal.stikesadvaita.ac.id/inde x.php/MedikaUsada/article/view/131/9 2 (Diakses pada tanggal 1 April 2023, Pukul 17.15 WIB)

Apriani, D. G. Y. (2022). Hubungan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV dan V di SD N 3 Candikuning. Jurnal Medika Usada, 5(2), 12-17. https://ejournal.stikesadvaita.ac.id/inde x.php/MedikaUsada/article/view/131/9 2 (Diakses pada tanggal 1 April 2023, Pukul 14.00 WIB)

Asmariani, N. P. P. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan tindakan pencegahan kekerasan pada anak di SDN 3 Batubulan Kangin Gianyar Tahun 2019 (Doctoral dissertation, Politeknik Kesehatan Kemenkes Denpasar Jurusan Keperawatan). http://repository.poltekkes- denpasar.ac.id/2450/3/BAB%20II.pdf (Diakses pada tanggal 2 April 2023, Pukul 15.00 WIB)

Asmariani, N. P. P. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan tindakan pencegahan kekerasan pada anak di SDN 3 batubulan kangin gianyar tahun 2019 (Doctoral dissertation, politeknik kesehatan kemenkes Denpasar jurusan keperawatan). http://repository.poltekkes- denpasar.ac.id/2450/3/BAB%20II.pdf (Diakses pada tanggal 2 April 2023, Pukul 18.00 WIB)

Damanik, S. M., & Sitorus, E. (2020). Buku Materi Pembelajaran Keperawatan Anak.

Hadi, A. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa di MI Darul Ulum Talaga Ganding Sumenep. Kariman: Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 7(1), 59-70. https://www.jurnalinkadha.org/index.p hp/kariman/article/view/102/94 (Diakses pada tanggal 18 April 2023, Pukul 19.00 WIB)

Halawa, A. (2017). Hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar anak kelas 4 SD. Jurnal Keperawatan, 6(1), 8-Pages https://jurnal.stikeswilliambooth.ac.id/i ndex.php/d3kep/article/view/60/253 (Diakses pada tanggal 27 April 2023, Pukul 15.25 WIB)

Hasnara,G. (2019). Pengaruh lingkungan sekolah dan gaya belajar terhadap prestasi belajar peserta didik (Survei Pada Peserta Didik Kelas X dan XI di SMA Negeri 3 Tasikmalaya) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi). http://repositori.unsil.ac.id/638/ (Diakses pada tanggal 27 April 2023, Pukul 18.30 WIB)

http://ejournal.stikesbuleleng.ac.id/inde x.php/Midwinerslion/article/view/26/1 1 (Diakses pada tanggal 15 April 2023, Pukul 14.30 WIB)

Muslim, Z. R. (2017). Hubungan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa kelas X di smk kemala bhayangkari delog jakarta (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2017).

Ridayanti, P. W., & Marleni, K. D. (2018). Hubungan pola asuh orang tua dengan prestasi belajar matematika anak usia sekolah pada semester genap di Sekolah Dasar Negeri 1 Gunungsari. Midwinerslion: Jurnal Kesehatan STIKes Buleleng, 3(1), 50-56.

Rizki, S. D., & Susilawati, M. I. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah Dasar Kelas II dan III. J Keperawatan [Internet], 8(1), 74-84. http://download.garuda.kemdikbud.go.i d/article.php?article=2327514&val=27 8&title=Relationship%20between%20 Parenting%20Style%20and%20Childre n%20Academic%20Achievement%20a mong%20Elementary%20Students%20 Grade%20II%20and%20III (Diakses pada tanggal 1 Mei 2023, Pukul 15.00 WIB)

Sadat, F. A., Maryati, D. S., Maesyaroh, A., Nashifah, I., Arifin, I., & Maulani, R. (2022). Penilaian dalam kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka. Jurnal Ilmiah ATSAR Kuningan, 2(1), 45-51.

Setiasih, D. Y. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Se-Gugus Wonokerto Turi Sleman. Universitas PGRI Yogyakarta. http://repositori.uin- alauddin.ac.id/10496/1/yarida.pdf (Diakses pada tanggal 4 Mei 2023, Pukul 14.00 WIB)

Sitorus, M. (2012). Perkembangan peserta didik.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung

Wahyuningtyas, T. (2022). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap kemandirian belajar siswa (Doctoral dissertation, STKIP PGRI PACITAN). https://repository.stkippacitan.ac.id/id/e print/978/6/PGSD_TIKA%20WAHYU NINGTYAS_BAB%20II.pdf (Diakses pada tanggal 15 April 2023, Pukul 16.00 WIB)

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31

Cara Mengutip

Astuti, Y. D., Ginting, M., & Saragi, B. (2023). The Relationship Between Parenting Patterns And Student Achievement In Grades II And III At SD Yami District Astanaanyar City Of Bandung. JURNAL KESEHATAN INDRA HUSADA, 11(2), 166–172. https://doi.org/10.36973/jkih.v11i2.515