Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja Di SMK PGRI 1 Wilayah Kerja Puskesmas Tipar Kota Sukabumi

Penulis

  • Nafa Ananda Putri Stikes Sukabumi
  • Johan Budhiana
  • Sri Janatri

DOI:

https://doi.org/10.36973/jkih.v11i2.498

Kata Kunci:

Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Perilaku Bullying, Remaja

Abstrak

Perilaku bullying merupakan tindakan intimidasi yang dilakukan berulang-ulang oleh pihak yang kuat terhadap pihak yang lebih lemah, salah satu yang mempengaruhinya adalah pola asuh orang tua. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku bullying pada remaja di SMK PGRI 1 Wilayah Kerja Puskesmas Tipar Kota Sukabumi. Pola asuh orang tua adalah hubungan yang dijalin antara orang tua dan anak dalam proses mengasuh dengan kata lain orang tua mendidik, membimbing serta mengarahkan anak. Bullying adalah bentuk penindasan yang dilakukan untuk menyakiti korbannya. Jenis penelitian korelasional. Populasi adalah siswa smk pgri 1 kelas 10 dan 11 dengan sampel sebanyak 200 responden. Sampling menggunakan Proporsional Stratified Random Sampling. Teknik pengambilan data dengan kuesioner. Analisis data menggunakan Koefisien Kontingensi. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden mendapatkan pola asuh otoriter (53,0%). Dan perilaku bullying tinggi (56,0%). Hasil uji Koefisien Kontingensi didapatkan p-value 0,000 (p-value < 0,05). Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan perilaku bullying pada remaja di smk pgri 1. Simpulan menunjukkan ada hubungan pola asuh orang tua dengan perilaku bullying pada remaja di smk pgri 1 Kota Sukabumi. Diharapkan penelitian ini menjadi masukan bagi pihak sekolah untuk lebih memperhatikan siswa berkaitan dengan perilaku bullying.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649–658.

Aini, D. F. . (2018). Self estem pada anak usia sekolah dasar untuk pencegahan kasus bullying. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (Sp2sd), 6(1), 36–46.

Akbar, M. I. I., & Fatah, M. Z. (2022). Hubungan Pola Asuh Otoriter Orang Tua dengan Perilaku Bullying pada Remaja. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 12(4), 863–870.

Arikunto, suharsini. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rienka Cipta.

Aslan, A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, 7(1), 20. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269

Asro, M., Sugiharto, D., & Awalya, A. (2021). Mengatasi Perilaku Bullying Siswa Melalui Konseling Kelompok Teknik Role Playing. Indonesian Journal of Educational Counseling, 5(2), 35–41. https://doi.org/10.30653/001.202152.174

Dea, P., Damayanti, S., Handayani, F., Ramahwati, Y., Cahyani, A. D., & Tilova, M. H. (2023). Peranan Psikologi Pendidikan untuk Pencegahan Perundungan Siswa Sekolah Dasar. 4(11–10).

Dewi, P. Y. A. (2020). Perilaku School Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 39. https://doi.org/10.55115/edukasi.v1i1.526

Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 116–133.

Fadhilah, T. N., Handayani, D. E., & Rofian, R. (2019). Analisis pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 249=255.

Yudha, R. K., Lubis, E., Hainun, R., & Syarkati, S. (2022). Sosialisasi tentang Dampak Bullying pada Remaja. Batara Wisnu : Indonesian Journal of Community Services, 2(2), 251–256. https://doi.org/10.53363/bw.v2i2.94

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31

Cara Mengutip

Putri, N. A., Budhiana, J., & Janatri, S. (2023). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja Di SMK PGRI 1 Wilayah Kerja Puskesmas Tipar Kota Sukabumi. JURNAL KESEHATAN INDRA HUSADA, 11(2), 144–149. https://doi.org/10.36973/jkih.v11i2.498