PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN PENDEKATAN MODEL INFORMATION MOTIVATION BEHAVIOR SKILL TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PERSONAL HYGIENE PADA SANTRI DI PESANTREN BARKATUL HUDA

  • Reni Nurdianti Universitas Bhakti Kencana Tasikmalaya

Abstract

Scabies paling tinggi terjadi di negara tropis, salah satunya Indonesia. Prevalensi scabies di Indonesia sebesar 4.60%-12.95%, penyakit ini menduduki urutan ketiga dari 12 penyakit kulit tersering. Timbulnya scabies erat kaitannya dengan kebersihan personal dan lingkungan. Perilaku personal menjadi salah satu faktor yang memengaruhi dalam penularan penyakit scabies. Oleh karena itu perlu diberikan edukasi tentang pentingnya personal hygiene, salah satunya melalui pendekatan Model Information Motivation Behavior Skill (IMB). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan Pendekatan Model Information Motivation Behavior Skill (IMB) terhadap peningkatan pengetahuan tentang personal hygiene pada santri di pesantren Barkatul Huda. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperiment dengan teknik one group pre-test and post-test design. Populasi penelitian adalah seluruh santri sebanyak 250 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 154 orang. Intsrumen penelitian menggunakan SAP, leaflet dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan P value = 0,000 < a = 0.05, maka Ho ditolak yang artinya bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan pendekatan Model Information Motivation Behavior Skill (IMB) terhadap peningkatan pengetahuan santri tentang personal hygiene di pesantren Barkatul Huda Kabupaten Tasikmalaya. Diharapkan penelitian ini dapat dijadikan acuan agar terlaksana kegiatan-kegiatan yang menunjang kesadaran masyarakat pesantren akan pentingnya personal hygiene.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andarmoyo, S. (2012). PERSONAL HYGIENE Konsep, Proses, dan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan: graha ilmu.

Barat, D. K. P. J. (2020). Pengembangan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat di Lima Tatanan. Bandung: Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat.

Dewi, E. R., & Caesar, D. L. (2019). PENCEGAHAN SKABIES DI PONDOK PESANTREN RAUDLATUTH THULLAB BERBASIS PEER EDUCATION. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 2(2).

Farhati, F., Resmana, R., & Nurhadianti, D. (2019). Pendidikan Kesehatan dengan Pendekatan Model Information Motivation Behavior Skill (IMB) terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Pola Konsumsi Sayur dan Buah pada Ibu Hamil. Jurnal Kesehatan, 10(3), 320-328.

Kelly, S., Melnyk, B. M., & Belyea, M. (2012). Predicting physical activity and fruit and vegetable intake in adolescents: a test of the information, motivation, behavioral skills model. Research in nursing & health, 35(2), 146-163.

Livana, P., Yulianto, E., & Hermanto, H. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Personal Hygiene terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Masyarakat. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 4(1), 1-6.

Muafidah, N., & Santoso, I. (2017). Hubungan Personal Higiene dengan Kejadian Skabies pada Santri Pondok Pesantren Al Falah Putera Kecamatan Liang Anggang Tahun 2016. Journal of Health Science and Prevention, 1(1), 1-9.

Park’s, K. (2021). Park's text book of preventive and social medicine.

Published
2021-12-27
How to Cite
Nurdianti, R. (2021). PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN PENDEKATAN MODEL INFORMATION MOTIVATION BEHAVIOR SKILL TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PERSONAL HYGIENE PADA SANTRI DI PESANTREN BARKATUL HUDA. JURNAL KESEHATAN INDRA HUSADA, 9(2), 26-32. https://doi.org/10.36973/jkih.v9i2.319