PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM PENYULUHAN KESEHATAN GIZI TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG ANEMIA

Penulis

  • Dini Tri Septiani
  • Ade Krisna Ginting

DOI:

https://doi.org/10.36973/jkih.v12i1.582

Kata Kunci:

Penyuluhan, Video, Pengetahuan Remaja Putri, Anemia

Abstrak

Berdasarkan data Riset Kesehatan dasar tahun 2018 ditemukan peningkatan prevalensi anemia pada usia 15-24 tahun yakni 32% atau 14,7 juta jiwa yang artinya 3 dari 10 orang anak mengalami anemia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video dalam penyuluhan kesehatan gizi terhadap pengetahuan remaja putri tentang anemia di SMAN 1 Pebayuran. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen menggunakan tehnik quasi eksperimen, pendekatan one grup pre and posttest design. Populasi  penelitian ini adalah seluruh remaja putri SMAN 1 Pebayuran kelas X dengan usia 15-17 tahun. Tehnik pengambilan sampel yaitu proportional random sampling, adapun jumlah sampel yaitu 30 siswa. Pengambilan data penelitian menggunakan kuisioner. Hasil penelitian yang diperoleh, sebelum diberikan penyuluhan dengan video mayoritas tingkat pengetahuan remaja putri memiliki nilai mean sebesar 54.14 serta setelah pemberian penyuluhan menggunakan video mayoritas tingkat pengetahuan remaja putri meningkat dengan nilai mean sebesar 93.31. Hasil dari uji T-Tes diperoleh p value 0,000 < α 0,05 yang diartikan ada pengaruh penggunaan media video dalam penyuluhan kesehatan gizi terhadap pengetahuan remaja putri. Kesimpulan pada penelitian ini terbukti signifikan meningkatkan pengetahuan remaja putri tentang anemia setelah diberikan penyuluhan dengan menggunakan video. Oleh karena itu tenaga kesehatan diharapkan untuk melihat peluang penggunaan video edukasi sebagai salah satu alternatif media yang tepat dalam memberikan penyuluhan kesehatan gizi sebagai upaya peningkatan pengetahuan remaja tentang anemia.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aisah, S., Ismail, S., & Margawati, A. (2021). Edukasi Kesehatan Dengan Media Video Animasi: Scoping Review. Jurnal Perawat Indonesia, 5(1), 641–655. https://doi.org/10.32584/jpi.v5i1.926
Anggraeni, Y., Tresno, N. R. I. A., Susanti, I. H., & Mangkunegara, I. S. (2020). The Effectiveness of Health Education Using Leaflet and Video on Students’ Knowledge About the Dangers of Smoking in Vocational High School 2 Purwokerto. 20(Icch 2019), 369–375. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200204.076
Arrahim, A., & Saleh, D. R. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Video Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 1–8. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v9i2.3251
Asmawati, N., Icha Dian Nurcahyani, Kurnia Yusuf, Fitri Wahyuni, & St Mashitah. (2021). Pengaruh Penyuluhan Menggunakan Media Video Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Anemia Pada Remaja Putri SMPN 1 Turikale Tahun 2020. Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 13(2), 22–30. https://doi.org/10.35473/jgk.v13i2.122
Barik, A. L., Purwaningtyas, R. A., & Astuti, D. (2019). The Effectiveness of Traditional Media (Leaflet and Poster) to Promote Health in a Community Setting in the Digital Era: A Systematic Review. Jurnal Ners, 14(3 Special Issue), 76–80. https://doi.org/10.20473/jn.v14i3.16988
Dep Kes RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar. 2013. Badan Penelitian dan pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.
Dewi, N. K. T., Kayanaya, A. A. G. R., & Kencana, I. K. (2023). Pengaruh Penyuluhan Dengan Media Video Terhadap Pengetahuan Anemia Dan Asupan Konsumsi Zat Besi. Jurnal Ilmu Gizi : Journal of Nutrition Science, 10(4), 229–236. https://doi.org/10.33992/jig.v10i4.1162
Dinkes, J. (2022). Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat Peningkatan Kapasitas Petugas dalam Pengelolaan Program Gizi. 8–11.
dr. Zuhrah Taufiqa, M. B., dr. Karina Rahmadia Ekawidyani, M. G., & dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc., S. G. (2020). Aku Sehat Tanpa Anemia. In NBER Working Papers. Wonderland Publisher. http://www.nber.org/papers/w16019
Fulatul, A. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Media Vidio Terhadap Pengetahuan Tentang Anemia Pada Remaja Putri. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 2020.
Goad, M., Huntley-Dale, S., & Whichello, R. (2018). The Use of Audiovisual Aids for Patient Education in the Interventional Radiology Ambulatory Setting: A Literature Review. Journal of Radiology Nursing, 37(3), 198–201. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jradnu.2018.06.003
Kemenkes, R. (2018). Pedoman Penatalaksanaan Pemberian Tablet Tambah Darah. Kemenkes RI, 46. https://promkes.kemkes.go.id/download/fpck/files51888Buku Tablet Tambah darah 100415.pdf
Kemenkes RI. (2022). Profil Kesehatan Indonesia 2021. In Pusdatin.Kemenkes.Go.Id.
Mahendra, D., Jaya, I. M. M., & Lumban, A. M. R. (2019). Buku Ajar Promosi Kesehatan. In Program Studi Diploma Tiga Keperawatan Fakultas Vokasi UKI. Universitas Kristen Indonesia.
WHO. (2015). The global prevalence of Anemia in 2011. World Health Organization.
Zhang, H., Mörelius, E., Goh, S. H. L., & Wang, W. (2019). Effectiveness of Video-Assisted Debriefing in Simulation-Based Health Professions Education: A Systematic Review of Quantitative Evidence. Nurse Educator, 44(3), E1–E6. https://doi.org/10.1097/NNE.0000000000000562.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-23

Cara Mengutip

Septiani, D. T., & Ginting, A. K. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DALAM PENYULUHAN KESEHATAN GIZI TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG ANEMIA. JURNAL KESEHATAN INDRA HUSADA, 12(1), 7–12. https://doi.org/10.36973/jkih.v12i1.582

Terbitan

Bagian

Artikel