FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN AMENORRHEA PADA WANITA USIA SUBUR

  • Ziyadatul Chusna Almabruroh Yuni Alfi STIKes Brebes
  • Anisah Anisah STIKes Brebes
Keywords: Amenorrhea, Penggunaan obat KB, Status gizi, stress.

Abstract

Setiap wanita sering mengalami gangguan dalam siklus haidnya. Gangguan siklus haid antara lain tidak teraturnya siklus haid atau amenorrhea. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian amenorrhea.

Jenis penelitian adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah wanita usia subur berjumlah 431. Teknik pengambilan sampel dengan purpossive sampling 76 responden. Data diperoleh menggunakan kuesioner. Data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan menggunakan analisis korelasi Chi Square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar status gizi responden adalah gemuk sebanyak 36 responden (47,4%), responden menggunakan obat KB sebanyak 48 responden (63,2%) dan responden mempunyai tingkatan stres sedang sebanyak 37 responden (48,7%). Analisis bivariat dengan chi-square menunjukkan ada hubungan positif antara status gizi dengan kejadian amenorrhea, ada hubungan positif antara stres dengan kejadian amenorrhea serta ada hubungan positif antara penggunaan obat KB dengan kejadian amenorrhea.

Disarankan bagi responden untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga kesehatan khususnya bagi responden dengan status gizi gemuk dan obesitas perlu melakukan olah raga teratur dan melakukan diet sehat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, Syarif (2010). Tahap-tahapan Stres. (www.eprints.undip.ac.id.)

Arfa R, (2011). Stress & Menstrual cycle. (lp:/digilib.unsri.ac.id.)

Badriah, Dewi Laelatul. (2012). Metodologi Penelitian Ilmu-ilmu Kesehatan. Bandung: Multazam

BKKBN. (2011). Buku Pegangan Tentang Pembangunan Keluarga Berencana Bagi Petugas Lapangan Keluarga Berencana. Jakarta : Kantor Menteri Negara Kependudukan/ Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional

Hawari, Dadang. (2011). Manajemen Stres Cemas dan Depresi. Jakarta: Balai Penerbit FKUI

Miliarini. (2010). Gizi Untuk Remaja. Jakarta : Salemba Medika

Prawiroharjo,Sarwono (2011) Ilmu kandungan. In: Prof.dr.Mochammad Anwar, MMedSc S, ed. 3rd ed

Saifuddin. AB (2010). Ilmu Kebidanan, edisi.4. Jakarta: Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo

Sugiyono. (2010). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA

Published
2021-06-25
How to Cite
Yuni Alfi, Z. C., & Anisah, A. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN AMENORRHEA PADA WANITA USIA SUBUR. JURNAL KESEHATAN INDRA HUSADA, 9(1), 94-101. https://doi.org/10.36973/jkih.v9i1.306