PENGARUH ASYNCHRONOUS BLENDED PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENGETAHUAN MAHASISWA KEBIDANAN

  • Purwandyarti Apriliani STIKes Indramayu
Keywords: Pengetahuan, asyncronous blended problem based learning, problem based learning

Abstract

Peran Institusi pendidikan dalam menghasilkan pengetahuan dan keterampilan tenaga kesehatan khususnya bidan salah satunya dengan metode problem based learning (PBL). Metode PBL merupakan metode pembelajaran yang mendorong proses belajar yang lebih aktif melalui pengenalan kasus yang realistik dan kontekstual sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir secara kritis, berdaya analisis dan mampu memecahkan masalah dibutuhkan dalam dunia kerja saat ini. Metode asyncronous blended problem based learning (ABLE-PBL) merupakan inovasi pembelajaran PBL yang dapat digunakan pada institusi pendidikan kebidanan yang memiliki keterbatasan jumlah tenaga pendidik namun tetap ingin mengoptimalkan proses pembelajaran dan menghasilkan kualitas lulusan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Tujuan Penelitian untuk mengetahui pengaruh ABLE-PBL dan PBL terhadap pengetahuan mahasiswa diploma kebidanan.

Penelitian kuantitatif dengan metode cross over. Sampel yang digunakan seluruh mahasiswa diploma IV kebidanan Universitas Padjadjaran yang memenuhi kriteria inklusi dan tidak memenuhi kriteria eksklusi sebanyak 37 mahasiswa. Waktu penelitian bulan Maret-Juni 2018.

Tidak ada perbedaan skor pengetahuan antara kelompok intervensi (ABLE-PBL) dan kelompok kontrol (PBL) dengan uji mann-whitney (p>0,05).

Metode ABLE-PBL dan metode PBL tidak memilki perbedaan dalam mempengaruhi pengetahuan mahasiswa diploma kebidanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

World Health Organization. Global Strategy on Human resources for health : Workforce 2030. WHO. 2016.

Husen, Ike. Teori Bolu Bantat. Bandung : Bitread Publishing. 2017

Imelda. Hubungan Kinerja Tutor dan Kualitas Kasus Skenario Terhadap Keefektifan Kelompok pada Metode Belajar Problem Based Learning. Universitas Padjadjaran. 2016.

Yanti, Yuniar Dwi. 2018. Pengaruh Asyncronous Blended Problem Based Learning Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Presepsi Mahasiswa Diploma III Kebidanan Di STIKes Dharma Husada Bandung. Universitas Padjadjaran. 2018.

Ristekdikti. Kreatif dan Inovatif Di Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta : Ristekdikti.Vol.8/I/2018.

De Jong N, dkk. A Comparison Of Classroom And Online Asynchronous Problem-Based Learning For Students Undertaking Statistics Training As Part Of A Public Health Masters Degree. Maastricht University : Department of Health Services Research. 2013.

Hutasoit, Desy. Pengaruh Asyncronous Blended Problem Based Learning Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Aktivitas Belajar Mahasiswa Diploma III Kebidanan Di STIKes Ahmad Yani. Universitas Padjadjaran. 2018.

Apriliani, Purwandyarti. The Influence Of Asynchronous Blended Problem-Based Learning On Retention And Learning Motivation Of Midwifery Students. The Indonesian Journal Of Medical Education. Vol. 8/No. 2/July 2019.

Published
2019-11-28
How to Cite
Apriliani, P. (2019). PENGARUH ASYNCHRONOUS BLENDED PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENGETAHUAN MAHASISWA KEBIDANAN. JURNAL KESEHATAN INDRA HUSADA, 7(2), 62-67. https://doi.org/10.36973/jkih.v7i2.166
Section
Articles