EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM GIZI YANG BERKAITAN DENGAN KEJADIAN STUNTING (TUBUH PENDEK) DI KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2017

EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM GIZI YANG BERKAITAN DENGAN KEJADIAN STUNTING (TUBUH PENDEK) DI KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2017

  • Depi Yulyanti STIKes Indramayu
  • Riezka Diana Putri STIKes Indramayu
  • Muhamad Fauzi STIKes Indramayu
Keywords: Nutrition, Stunting, Indramayu

Abstract

Stunting adalah kondisi dimana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan anak tersebut lebih pendek dari standar usianya. Berdasarkan laporan tahunan Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu pada tahun 2016 di Indramayu terdapat 11.173 jiwa kasus stunting. Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu sendiri sudah melakukan berbagai program untuk menurunkan angka stunting di Indramayu, namun program tersebut belum sepenuhnya berhasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi proses pelaksanaan program gizi yang terkait dengan kejadian stunting di Kabupaten Indramayu. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan melihat aspek Process yang meliputi Planning, Organizing, Actuating dan Controlling (POAC). Hasil penelitian menunjukan bahwa pembuatan perencanaan didasarkan cakupan, pemantauan dan evaluasi lalu dibuatkan RKA dan DPA. Pengkordinasian dengan lintas sektor dan lintas program. Pelaksanaan penanganan stunting berupa kegiatan Bulan penimbangan balita, pemberian Vit.A, Fe, PMT, MP-ASI. Pengawasan diadakan pada saat rapat, dilakukan setiap triwulan, dan setahun sekali. Simpulan dalam penelitian ini dilihat dari pelaksanaan yang berupa aspek (POAC) masih kurang maksimal dan belum spesifik. Oleh sebab itu disarankan agar dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan program untuk mendapatkan hasil yang sesuai target dengan pemenuhan SDM, sarana dan membuat perencanaan yang lebih spresifikasi untuk stunting.

Author Biographies

Depi Yulyanti, STIKes Indramayu
STIKes Indramayu dan Dosen Prodi Kesehatan Masyarakat
Riezka Diana Putri, STIKes Indramayu
STIKes Indramayu dan Mahasiswa
Muhamad Fauzi, STIKes Indramayu
STIKes Indramayu dan Dosen

References

Infodatin pusat data dan informasi kementriankesehatan RI. 2016. Situasi BalitaPendek. Dari Depkes.go.id(diakses hari Selasa, 28 Maret 2017, jam 08.30 Wib)
Kebijakan Strategis dan Rencana Aksi Pangan dan Gizi (KSRAN-PG 2016-2019). Dari bkb.pertanian.go.id(diakses hari Selasa,12 September 2017, jam 20.55 Wib)
Gizi kurang penyebab stunting. Dari dinkes.sumselprov.go.id (diaskes hari Selasa, 28 Maret 2017, jam 08.39 Wib)
Provinsi Jawa Barat Dalam Angka 2016. Daripusdalisbang.jabarprov.go.id (diakseshari Selasa, 28 Maret 2017, jam 09.18Wib)
Laporan Bulan Penimbangan Balita 2015-2016Program Gizi Dinas KesehatanKabupaten Indramayu Sugiyono,2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Cetakan ke 20.Bandung:ALFABETA, CV.
Saryono, 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta:Nuha Medika
Sugiyono.,2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung:ALFABETA CV
Sugiyono,2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.Bandung:ALFABETA, CV.
Published
2018-07-09
How to Cite
Yulyanti, D., Putri, R., & Fauzi, M. (2018). EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM GIZI YANG BERKAITAN DENGAN KEJADIAN STUNTING (TUBUH PENDEK) DI KABUPATEN INDRAMAYU TAHUN 2017. JURNAL KESEHATAN INDRA HUSADA, 6(1), 31. Retrieved from http://ojs.stikesindramayu.ac.id/index.php/JKIH/article/view/66