PERILAKU KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN AS-SAKIENAH DESA TUGU KECAMATAN SLIYEG KABUPATEN INDRAMAYU

  • Riyanto Riyanto Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indramayu
  • Heri Sugiarto Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indramayu
  • Dewi Nur Fitriyani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indramayu

Abstract

Kesehatan reproduksi adalah keadaan sehat secara fisik, mental dan sosial secara utuh tidak semata bebas dari penyakit berkaitan dengan sistem, fungsi dan proses reproduksi pada laki-laki dan perempuan merupakan masalah penting untuk mendapatkan perhatian terutama dikalangan remaja diwarnai oleh pertumbuhan, perubahan, dan munculnya berbagai kesempatan, dan seringkali mengahadapi resiko kesehatan reproduksi dan yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini adalah perilaku remaja santri di pondok pesantren. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku kesehatan reproduksi pada remaja santriwati di pesantren As-Sakienah Desa Tugu kecamatan Sliyeg Indramayu Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Partisipan sebanyak 6 orang yang diambil menggunakan teknik purposive. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara dan analisis data penelitian kualtatif bersifat subjektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku remaja santri tentang kesehatan reproduksi dari 6 partisispan, 1 orang tidak mempunyai masalah pada organ reproduksi dan 5 orang mempunyai masalah seperti keputihan dan gatal pada vagina. Kesimpulan penelitian yaitu perilaku remaja putri tentang kesehatan reproduksi masih ada yang belum benar dalam membersihkan organ reproduksinya, maka peneliti menyarankan kepada remaja santri untuk meningkatkan perilaku kesehatan reproduksi, untuk pondok pesantren perlu adanya pendidikan kesehatan tentang kesehatan reproduksi sebagai pengetahuan para santriwati dan adanya pelayanan kesehatan reproduksi remaja di pondok pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Riyanto Riyanto, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indramayu

Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan

References

Afiyanti, Yati dan Nur Rachmawati, Imami. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Riset Keperawatan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Andrews, Gilly. 2009. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi Wanita. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Arsyadani, R. 2010. Perbandingan persepsi Mahasiswa lulusan Berbasis Umum dan Agama tentang Perilaku seks Pranikah Di lingkungan sekitar Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi Universitas Muhammadiah Surakarta. Demografi Kesehatan Indonesia.
Badriah, Dewi L. 2012. Metodologi Penelitian Ilmu-ilmu Kesehatan. Bandung: Multazam.
BKBN. 2008. Panduan Pengelolaan Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK-KRR). Jakarta: BKKBN.
Depkes RI Survey Demografi Kesehatan Indonesia tahun 2011 Depkes RI Survey.
DEPKES. 2006. “Infomasi Kesehatan Reproduksi”
Http://www.depkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/buletin/buletin-kespro.pdf (diakses pada tanggal 13 februari 2015)
Emzir. 2011. Metode Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Faisal. 2009. Implementasi Pendidikan Kesehatan Reproduksi di Pondok pesantren Miftahussaada Mijen.
Fuad dan Nugroho. 2014. Panduan Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hidayat, Dede Rahmat. 2009. Ilmu Perilaku Manusia Pengantar Psikologi Untuk Tenaga Kesehatan. Jakarta: CV. Trans Info Media.
Khasanah,L. 2006. Perbedaan Pengetahuan dan Sikap Tentang Kesehatan Reproduksi Antara Remaja Santri yang Mendapat dan yang belum Mendapat Pendidikan Kesehatan Reproduksi. Skripsi LKKNU & YB-PSPB.
Published
2017-01-06
How to Cite
Riyanto, R., Sugiarto, H., & Fitriyani, D. (2017). PERILAKU KESEHATAN REPRODUKSI PADA REMAJA SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN AS-SAKIENAH DESA TUGU KECAMATAN SLIYEG KABUPATEN INDRAMAYU. JURNAL KESEHATAN INDRA HUSADA, 5(1), 40-47. https://doi.org/10.36973/jkih.v5i1.36
Section
Articles