GAMBARAN PEMENUHAN KEBUTUHAN DASAR MANUSIA OLEH CARE GIVER PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLBN PAHLAWAN INDRAMAYU

  • Riyanto Riyanto STIKes Indramayu
  • Kamsari Kamsari STIKes Indramayu
  • Achep Wildan Sundana STIKes Indramayu
Keywords: Kebutuhan dasar, caregiver, anak berkebutuhan khusus

Abstract

Tumbuh kembang merupakan manifestasi yang kompleks dari perubahan morfologi, biokimia, dan fisiologi yang terjadi sejak konsepsi sampai maturasi/dewasa. Dalam tahap ini  terdapat beberapa masalah yaitu keterlambatan perkembangan yang dapat mempengaruhi pemenuhan kebutuhan dasar manusia anak itu sendiri. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui gambaran pemenuhan kebutuhan dasar manusia oleh caregiver pada anak berkebutuhan khusus di SLBN Pahlawan Indramayu.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian yaitu caregiver yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Sampel sebanyak 55 responden. Instrumen menggunakan lembar kuesioner tentang pemenuhan kebutuhan dasar manusia. Analisa data menggunakan cut of point. Penyajian dalam bentuk tabel distribusi frekuensi.

Hasil penelitian sebanyak 29 responden (52,7 %) dapat memenuhi kebutuhan dasar manusia. Sebanyak 38 responden (69,10 %) terpenuhi kebutuhan fisiologis, 32 responden (58,18 %) terpenuhi keselamatan dan keamanan, 28 responden (50,90 %) terpenuhi kebutuhan cinta dicintai, 29 responden (52,72 %) tidak terpenuhi kebutuhan haga diri, 33 responden (60,0 %) terpenuhi kebutuhan aktualisasi diri.

Simpulan bahwa pemenuhan kebutuhan dasar manusia oleh caregiver pada anak berkebutuhan khusus terpenuhi sebanyak 29 responden (52,7 %). Disarankan agar perawat maupun caregiver mampu bekerjasama melakukan penyuluhan kesehatan terkait pemenuhan kebutuhan dasar manusia dan lebih memperhatikan kebutuhan dasar pada anak berkebutuhan khusus terutama pada kebutuhan harga diri.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Riyanto Riyanto, STIKes Indramayu

Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan

Kamsari Kamsari, STIKes Indramayu

Dosen prodi sarjana Keperawatan

References

Asmadi. (2008). Konsep Dasar Keperawatan.Jakarta:EGC

Ayu Yoniko Christiari, Ramzi Syamlan, Irawan FajarKusuma. (2013). Jurnal Pustaka Kesehatan. Vol. 1. No.1. Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Stimulasi Dini dengan Perkembangan Motorik pada Anak Usia 6-24 bulan di Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Jember : Fakultas Kedokteran Universitas Jember.

Diah Merdekawati, Dasuki. (2017).Jurnal Endurance. Vol. 2. No.2. Hubungan Pengetahuan Keluarga Dan Tingkat Retardasi Mental Dengan Kemampuan Keluarga Merawat. Jambi : Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES Harapan Ibu Jambi.

Dion Yohanes, Betan Yasinta.(2013).Asuhan Keperawatan Keluarga Konsep dan Praktik.Yogyakarta : Nuha Medika.

Era Nurisa Windari, Idkha Trisintyandika, Djoko Santoso.(2017). Journal of Issues in Midwifery. Vo. 1. No. 1.Hubungan Pola Asuh OrangTua Dengan Perkembangan Anak Prasekolah Pada Ibu Yang Menikah Dini Di Wilayah Puskesmas Jabung.Malang : Universitas Brawijaya.

Firdawati Fauzia. (2017).Skripsi UIN.Analisis Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak Penyandang Disabilitas Di Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa 01 Cipayung Jakarta Timur.Jakarta : UIN.

Friedman, Marilyn M.(2010). Buku Ajar Keperawatan Keluarga:riset, teori, &praktik.Jakarta:EGC.

Http://www.depkes.go.id/development/site/jkn/index.php?cid=1141&id=119%-anak-yang-mengikuti-sdidtk-mengalami-kelainan-tumbuh-kembang.html.

Https://insanmedika.co.id/article/apakah-caregiver-itu.

Irianto Koes.(2014). Ilmu Keseshatan Anak.Bandung:Alfabeta.

Iskandar. (2018). Skripsi STIKes Indramayu. Gambaran Pengetahuan Orang Tua Dalam Menerapkan Self Care Pada Anak Retradasi Mental Di SLBN 2 Indramayu. Indramayu: STIKes Indramayu.

Kozier, Barbara. (2011). Buku Ajar Fundamental Kepeawatan.Jakarta:EGC.

Latifah Safriana. (2017). Jurnal Permata Indonesia.Vol. 8. No.2. Pengaruh Stres Orang Tua Terhadap Keterlambatan Bicara(Speech Delay) Pada Anak.Yogyakarta : Poltekes Permata Indonesia Yogyakarta

Nasir Abd,Abdul Muhith, Ideputi.(2011). Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Mulia Medika

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan.Edisi ke-2.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Riyanto, Agus. (2011). Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Setyowati Sri & Murwani Arita.(2008). Asuhan Keperawatan Keluarga. Yogyakarta: Mitra Cendika.

Soetjiningsih, Ranuh Gede. (2013).Tumbuh Kembang Anak.Jakarta:EGC.

Sudibyo Supardi & Rustika. (2013).Metodologi Riset Keperawatan.Jakarta:Trans Info Media.

Sulistiyaningsih. (2011). Metodologi Penelitian Kebidanan Kuantitatif – Kualitatif.Yogyakarta:Graha Ilmu.

Wawan, A., & Dewi, M.(2011).Teori& Pengukuran Pengetahuan,Sikap, Dan Perilaku manusi.Yogyakata: Nuha Medika.

Published
2020-06-30
How to Cite
Riyanto, R., Kamsari, K., & Sundana, A. (2020). GAMBARAN PEMENUHAN KEBUTUHAN DASAR MANUSIA OLEH CARE GIVER PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLBN PAHLAWAN INDRAMAYU. JURNAL KESEHATAN INDRA HUSADA, 8(1), 138-148. https://doi.org/10.36973/jkih.v8i1.206
Section
Articles