HUBUNGAN MOTIVASI INTRISIK DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI DOSEN TERHADAP PENCAPAIAN NILAI MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN NIFAS PRODI DIII KEBIDANAN TAHUN AKADEMIK 2018/2019 STIKes INDRAMAYU

  • Cucu Nurmala STIkes Indramayu
Keywords: Intrinsic Motivation, Lecturer Competence, Achievement

Abstract

Prestasi belajar mahasiswa dalam pendidikan kebidanan sangat penting untuk menilai tingkat keberhasilan dalam pencapaian tujuan belajar yang telah ditetapkan dalam kurikulum kebidanan.  Ada dua faktor yang mempengaruhi pencapaian prestasi belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri mahasiswa yaitu motivasi. Pada hakikatnya motivasi belajar adalah dorongan internal pada seseorang yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku, pada umumnya dengan beberapa indikator atau unsur yang mendukung, hal ini mempunyai peranan besar dalam keberhasilan seseorang dalam belajar. Sedangkan faktor eksternal salah satunya adalah kompetensi yang dimilki oleh seorang dosen.

Untuk mengetahui hubungan motivasi intrinsik dan persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen terhadap pencapaian nilai mata kuliah asuhan kebidanan nifas.

Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan rancangan Cross Sectional. Penelitian dilakukan pada mahasiswa semester III Program Studi Diploma Tiga Kebidanan STIKes Indramayu, dengan jumlah sampel 28 mahasiswa dengan menggunakan uji Chi Square.

Menunjukan bahwa ada hubungan motivasi intrinsik dan persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen terhadap pencapaian nilai mata kuliah asuhan kebidanan nifas dengan nilai p value <0,05.

Ada hubungan motivasi intrinsik dan persepsi mahasiswa tentang kompetensi dosen terhadap pencapaian nilai mata kuliah asuhan kebidanan nifas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abba Yusra. Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik, Kompetensi Dan Kinerja Guru. Jurnal Humanitas. Vol X, No. 1. Januari. 2013.

Sofia Afritasari. .Pengaruh Kompetensi Dosen (Pedagogik dan Kepribadian) Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasisea Mata Kuliah Asuhan Kebidanan Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Pra Sekolah Di Akademi Kebidanan ‘Aisyiyah Pontianak. Jurnal Ilmiah Umum dan Kesehatan Aisyiyah. Vol.3, No.2. Desember 2018.

Hamzah Uno. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : PT Bumi Aksara;2011

Sri Yunita. Hubungan Persepsi Mahasiswa Tentang Kompetensi Dosen, Motivasi, Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mahasiswa. Program Studi Diploma Kebidanan, UNIJA Sumenep. Jurnal Kesehatan Wiraraja Medika.

Yang, F. Y., Tseng, J.S.,& Lin, M.H. (2012). The interaction between junior-high students’ academic and social motivations and the influences of the motivational factor on scence performance. The Asia-Pacific Education Researcher, 21(1), 92-106.

,Metallidou, P., & Vlachou, A. (2010). Children’s self-regulated learning profile in language and mathematics: The role of task value bellefs. Psychology in the Schools, 47(8).DOI:10.1002PITS.20503.

Undang-Undang RI No. 14 Tahun 2005. Tentang Guru Dan Dosen.

Madjid A. Strategi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya; 2013

Djamarah, S. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fatma Dewani Harahap. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Kuliah Askeb Nifas Dan Menyusui Mahasiswa Tingkat II Di Universitas Prima Indonesia Medan. Jurnal Ilmiah Maksitek. Vol.3,No.2,Juni 2018.

Leni

Setiawati, L. (2011). Pengaruh Kompetensi Sosial Guru IPS Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di MTs Negeri Lawang Malang.

Rahman, T. 2006. Hubungan Persepsi Siswa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa Man Sp.Langkat Hulu Medan. UNIMED.

Warmala. 2013. Teacher Competence And The Academic Achievement Of Sixth Grade Students In Uganda.

Is Susiloningtyas. ( 2017). Pengaruh Kompetensi Dosen, Motivasi Belajar Dan Indeks Prestasi Kumulatif Terhadao Keterampilan Pemasangan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim Oleh Mahasiswa Prodi DIII Kebidanan UNISSULA Semarang. Jurnal Siklus. Vo, 6. No, 1. Januari 2017.

Sahyar. Pengaruh Kompetensi Dosen dan Proses Pembelajarn Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Pekbis.2009;1;131-9.

Published
2020-06-30
How to Cite
Nurmala, C. (2020). HUBUNGAN MOTIVASI INTRISIK DAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KOMPETENSI DOSEN TERHADAP PENCAPAIAN NILAI MATA KULIAH ASUHAN KEBIDANAN NIFAS PRODI DIII KEBIDANAN TAHUN AKADEMIK 2018/2019 STIKes INDRAMAYU. JURNAL KESEHATAN INDRA HUSADA, 8(1), 69-80. https://doi.org/10.36973/jkih.v8i1.200
Section
Articles