FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN OBAT-OBATAN TRADISIONAL TERHADAP IBU NIFAS DI PUSKESMAS KARANGGAN KABUPATEN BOGOR 2018

  • Nurulicha . STIKes Mitra RIA Husada
Keywords: Dukungan keluarga, ibu nifas, jarak, obat tradisional, pengetahuan, sikap, usia

Abstract

Dampak dari penggunaan minum jamu adalah Jamu dipercaya memiliki kandungan yang dapat menyeimbangkan kembali ketidakseimbangan unsur-unsur dalam tubuh yang dapat berpotensi menimbulkan penyakit sehingga tercapainya kondisi sehat. Tetapi jika berlebihan dalam mengonsumsi jamu yang berasal dari bahan alami akan memberikan efek yang berarti pada saluran pencernaan, seperti mulut terasa terbakar, perut terasa panas, dan kontraksi otot usus meningkat sehingga merangsang untuk buang air besar lebih sering dalam bentuk cair. Tujuan penelitian diketahuinya faktor – faktor yang berhubungan dengan perilaku ibu nifas terhadap penggunaan obat-obatan tradisional di Puskesmas Karanggan kabupaten Bogor tahun 2018. Metode penelitian ini menggunakan metode survey analitik dengan desain survey cross sectional. Pengambilan sampel berjumlah 73 orang. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Uji statistik yang digunakan adalah chi square dengan tingkat signifikan α = 0,05. Hasil  Analisis bivariat menunjukkan hubungan umur p = 0.0045, pengetahuan p= 0,002 ,jarak p = 0.002, dukungan p = 0,004 dengan pemanfaatan obat obatan tradisional terhadap ibu nifas.Simpulan  penelitian adalah ada hubungan antara umur,pengetahuan ibu, jarak ke pelayanan, dan dukungan dengan pemanfaatan obat-obatan terhadap ibu nifas. Saran pada penelitian yaitu bagi kader dan petugas kesehatan dapat memberikan pendidikan kesehatan kepada keluarga untuk meningkatkan pengetahuan terhadap pemanfaatan obat-obatan terhadap ibu nifas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

WHO. Traditional Medicine. Geneva.WHO;2008

Anna Lusia Kus. Pemanfaatan Obat Tradisional Meluas. Kompas, senin 25 Maret 2013

Carlsen K.H., Chen Y.Z., Custovic A.,et al. 2001. ARIA (Allergic Rhinitis and its Impact on Asthma) 2001 Update. http://www.whiar.org/ 15 Desember 2010.

Dumatubun A.E. Kebudayaan,Kesehatan Orang Papua Dalam Perspektif Antropologi Kesehatan.JurnalAntropologi Papua.2005; 1(1): 1-10

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Nomor 003/MENKES/PER/I/2010 tentang Saintifikasi Jamu dalam Penelitian Berbasis Pelayanan Kesehatan. Jakarta,2010.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Nomor 1334/MENKES/SK/IX/2010 tentang Komisi Nasional Saintifikasi Jamu.Jakarta, 2010.

Hoffmann, D. Medical Herbalism, The Science and Practice of Herbal Medicine. Healing Art Press,Rochester-Vermont, India, 2006.

Notoadmodjo. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta; 2005

Published
2019-07-01
How to Cite
., N. (2019). FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN OBAT-OBATAN TRADISIONAL TERHADAP IBU NIFAS DI PUSKESMAS KARANGGAN KABUPATEN BOGOR 2018. JURNAL KESEHATAN INDRA HUSADA, 7(1), 24. Retrieved from http://ojs.stikesindramayu.ac.id/index.php/JKIH/article/view/158
Section
Articles