EFEKTIFITAS MEDIA PROMOSI KESEHATAN DI SEKOLAH TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG MEROKOK PADA SISWA KELAS VII DI SLTP N 13 KOTA TANGERANG

  • Happy Novriyanti Purwadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Banten
  • Bambang Setiaji Pusat Promosi Kesehatan Kementrian Kesehatan
  • Mary S Maryam Sekolah Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah prof. DR. Hamka
Keywords: Media promosi kesehatan, pengetahuan, sikap, rokok

Abstract

Pendahuluan, Perilaku merokok dimulai pada usia anak-anak dan remaja. Berdasarkan hasil Riskesdas provinsi Banten 2013, persentase penduduk berumur 10 tahun ke atas di Kota Tangerang yang menjadi perokok setiap hari 25%, dari data tersebut yang sudah menjadi perokok aktif  usia 10-14 tahun 2 % dan usia 15-19 tahun 21,7 %. Dengan kata lain hampir separuh perokok aktif sudah dimulai dari usia remaja. Besarnya potensi menjadi perokok dikalangan siswa karena kurangnya pemahaman tentang merokok, serta lingkungan yang sangat mempengaruhi baik dalam keluarga dan teman,sehingga diperlukan adanya pendidikan kesehatan. Promosi kesehatan merupakan salah satu cara untuk menyampaikan pesan-pesan dengan media, sehingga diharapkan dapat merubah perilakunya ke arah positif. Metode Penelitian  yang  digunakan  yaitu Quasi Eksperimen dengan pre and post test group design. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelompok (cetak dan elektronik) dengan jumlah 84 responden dari 322 siswa/i. Hasil Penelitian terjadi peningkatan pengetahuan dan sikap siswa sebelum dan sesudah diberikan intervensi pada kelompok media elektronik dan cetak. Peningkatan pengetahuan setelah diberikan intervensi media cetak (booklet) dan elektronik (video) ditandai dengan nilai p= 0.000. kemudian adanya peningkatan sikap ditandai dengan nilai significancy sebesar 0.001 (p < 0.05). Kesimpulan dan Saran, perbedaan rata-rata untuk pengetahuan sebesar 0.66 point dan sikap sebesar 0.02 point sehingga dapat disimpulkan penggunaan media elektronik lebih efektif dalam perubahan penggunaan dan sikap responden tentang merokok, hal ini tidak lepas dari peran sekolah dalam pemberian penyuluhan kesehatan yang dapat menggunakan media elektronik, untuk dapat meningkatkan derajat kesehatan sekolah.

References

Ali, M & Asrori, M. 2012. Psikologi Remaja. Jakarta: Rineka Citra.

Boduszek, Daniel. 2017. Diakses pada http://www.sociology.ox.ac.uk/materials/ qm/T-tests_D.Boduszek.pdf (16 Februari 2017).

Dahlan. M.S, 2010. Besar Sampel dan Cara Pengambilan Sampel: Jakarta:Salemba Media. Hal 52.

Data Riskesdas prov. Banten. 2013.Efektifitas penyuluhan tentang bahaya merokok terhadap sikap siswa kelas VI di SDN Gedong Wetan Kab. Malang. Diakses pada http://repository.poltekkesmajapahit.ac.id/index.php/PUB-KEP/article/viewFile/615/527 (10 Januari 2017).

Ekaprasetya, et,al., 2014. Pengaruh Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Pengetahuan dan Sikap

Mencegah Merokok Siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Nurul Qarna Insukowono. Jember.E-jurnal Pustaka Kesehatan Vol.2 No.1 Diakses pada http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPK/article/viewFile/610/438.

Eriksen M, Judith M, dan Hana R. 2012.The Tobacco atlas fourth editional.American Cancer Society: Georgia pg 1, 18, dan 28.

Friza, Rahmi Artini, 2014. Perbedaan Pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media leaflet dengan booklet terhadap tingkat pengetahuan masyarakat di desa trangsan gatak sukoharjo.

Gafar, Gazali. 2014. Pengaruh pemberian promosi kesehatan melalui media social facebook terhadap pengetahuan tentang bahaya merokok pada mahasiswa PSIK semester 8. Jurnal Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Global adults tobacco survey (GATS), 2011 Global youth tobacco survey (GYTS),WHO 2007

Global youth tobacco survey (GYTS), WHO 2014

Grassi, M.C., et al Cigarette Smoking 2012 Green Lawrence W. 2005. Health program planning (An Educational and Ecological Approach) McGraw Hill,New York.

Health Organization. 2001. Knowledge and Preceptions Among Students in Four Italian Medical Schools;Nicotine & Tobacco Research.

Komalasari, D. 2012. Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Merokok pada Remaja. Jurnal Psikologi Universitas Gadjah Mada, 2.Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Mubarok. Wahid. Iqbal. 2011. Promosi Kesehatan. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Notoadmojo, S. 2007. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. hal 139-142; Pt. Rineka Cipta: Jakarta.

Notoadmojo, S. 2012. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Notosiswoyono M. 2014. Penggunaan VCD dan leaflet untuk peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku siswa dalam pencegahan kecelakaan sepeda motor. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional.2014; 8(8): 373-379.

Nuradita dan Mariyam. 2013. Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Pengetahuan tentang Bahaya Rokok pada Remaja di SMP Negeri 3 Kendal. Jurnal Keperawatan Anak 1 (1):44-48.

Nursalam. 2008. Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan, pedoman skripsi, tesis dan instrument penelitian keperawatan. Salemba Medika; Jakarta.

Pakpahan, Larasati, Sibuela & Sahli. 2013.Efektivitas Booklet Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap tentang Rokok dan Bahaya Rokok di SDN 1 Pajang Selatan Pajang Bandar Lampung. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit.

Puryanto, Santoso, E.J., dan Sayono. 2012.Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa tentang Bahaya Merokok.Jurnal Penelitian Keperawatan.

Putri. 2010. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan tentang Rokok terhadap Perilaku Merokok pada Siswa Kelas II. SMK Bhinneka Patebon Kendal. Kendal: STIKES Kendal.

Putu & Dewa, Nyoman, 2012. Media Pendidikan Kesehatan. Graha Ilmu:Yogyakarta.

Salaudeen, A., Musa, O., Akande, T.,Bolarinwa, O. 2011. Effects of Health Education on Ciga-rette Smoking Habits of Young Adults in Tertiary Institutions in a Northern Nigerian State. Health Science Journal, 5, Issue 3.

Saraswati, L. K. 2011. Pengaruh Promosi Kesehatan terhadap Pengetahuan tentang Kanker Serviks dan Partisipasi Wanita dalam Deteksi Dini Kanker Serviks. Thesis.Surakarta: UNS.

Stanley, Lemeshow L. Sampel Size Determination in Health Studies; a practical manual. 2 Geneva.

Susilo, suko. 2009. Psikologi Social:Jenggala Pustaka Utama; Surabaya.

Syafrudin & Fratidhina Yudhia. 2009.Promosi Kesehatan untuk Mahasiswa Kebidanan. Hal 114;Trans Info Media;Jakarta.

Tumigolung, H.C.S., dkk. 2013.Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa tentang

Bahaya Merokok di SMA Negeri 1 Manado. Abstrak. E-Jurnal Keperawatan UNSRAT, 1 (1).Diakses pada http://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/2186.

Published
2019-07-01
How to Cite
Purwadi, H., Setiaji, B., & Maryam, M. (2019). EFEKTIFITAS MEDIA PROMOSI KESEHATAN DI SEKOLAH TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG MEROKOK PADA SISWA KELAS VII DI SLTP N 13 KOTA TANGERANG. JURNAL KESEHATAN INDRA HUSADA, 7(1), 11. Retrieved from http://ojs.stikesindramayu.ac.id/index.php/JKIH/article/view/157
Section
Articles